AL Quran ( Jalan mencari Hidup yang lebih baik )

Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam. Bagi Muslim, Al-Quran merupakan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan lafal dan maknanya. Al-Qur'an merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW yang sangat berharga bagi umat Islam hingga saat ini. Di dalamnya terkandung petunjuk dan pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup baik di dunia maupun akhirat.

Al Quran memliki 114 Suarat , terdiri 286 ayat surat etrpanjang yaitu Al Baqoroh dan terpendek adalah 3 yat yaitu Al Ashr,Al Kautsar dan An Nashr. Sebagian Ulama menyatakan bahwa Ayat yang berada dalam A Quran adalah 6.236 dan sebagian lagi berpendapat 6.666 itu di karenakan perbedaan pandangan tentang kalimat Basmallah pada setiap awal Surat kecuali pada surat At Taubah . ada pula yang ber pendapat bahwa surat – surat yang di awal nya seperti : Yaa siin, Alif lam miim, Ha mim, dan lain sebaginya ada yang memasukakn sebagi Ayat ada juga yang tidak.

Untuk mempermudah dalam pembacaan nya Al Quran di bagi menjadi 30 juz yang sama panjang nya. Dan 60 hizb ( biasanya di tulis di bagian pinggir halama Al Quran ) dan masing masing Hizb di bagi empat dengan tanda - tanda Ar- rub’ atau seperempet dan an- nisf ( seperdua ) dan as salasah artinya tiga perempat.

Al Quran dibagi menjadi 554 ruku’ yaitu bagian yang terdiri atas beberapa ayat . Setipa satu ruku di tandai dengan tanda (‘ain ) di sebelah pinggirnya .

Kita kadang menemukan di bagian tengah AL Qran dengan Cetak merah , dan ini adalah yang di sebut NISF atau pertengahan Al Quran yang terdapat pada surat Al Kahfi ayat 19 pada lafal “ walyatalattaf “ yang artinya "hendaklah ia berlaku lemah lembut."

Denagan kita di suruh untuk membacanya setiap saat dan berusaha untuk mengetahi maknanya maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita sebagai kaum Muslimin kita harus ngaji biar tidak salah dalam menafsirkan makna Al Quran itu. Selain itu dengan hanya mendengarkan saja kita akan mendapatkan Pahala yang luar biasa dari Allah SWT. Di Blog ini Tuyul sediain link link down load Muratal Al Quran yang di bawa oleh " Misyari Bin Rasyid " sekalian dengan arti baha indonesianya silakan di Down load di Kolom wide get sebelah kanan. silakan mencoba..

Artikel Sebelum nya

5 komentar:

yusron said...

bagus...

sip lah pokokna islam ntu...

Ocim said...

semoga banyak yang lebih memahami alquran setelah membaca postingan ini

Dedy TM said...

Mudah mudahan berguna bagi semua Umat dan mau mendown load mp3 nya agar bisa di dengarkan secara saksama

Techno said...

BACA DAN PAHAMILAH ALQURAN....
AYO SEMANGAT GAN

bujas_009 said...

baca dan pahamilah ALQURAN. postingan yang sangat menarik.

Post a Comment

Followers

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms